hutan sembrani

Bukit Sembrani – Hutan Kuno dan Madu Alami

Jika menyukai alam dan petualangan dengan menyusuri hutan kuno, bergegaslah ke Bukit Sembrani yang terletak di Desa Krinjing, Kecamatan Watumalang Kabupaten Wonosobo. Lokasinya berada di gugusan Gunung Bisma sebelah barat laut dari Dataran Tinggi Dieng (Dieng Plateau).

Anggrek liar, hutan pakis kuno, sungai kecil dengan air yang jernih (bisa langsung diminum), Petilasan Bupati Tuban, Curug Tarung, Tapak Jaran Sembrani, Batu Pasholatan Kiyai Misbah, goa macan, dan madu alami yang diolah oleh penduduk setempat dapat dinikmati ketika bertandang di Bukit Sembrani. Sedangkan bagi yang menyukai camping, lokasi perkemahan juga telah disediakan.

Untuk menuju bukit Sembrani jarak tempuh yang dibutuhkan wisatawan dari gapura pintu masuk kurang lebih 20 menit dengan jalan kaki, wisatawan juga bisa meneruskan perjalanan sampai dengan puncak Gunung Bisma dapat ditempuh sekitar 3 jam perjalanan.

2 thoughts on “Bukit Sembrani – Hutan Kuno dan Madu Alami”

  1. 28 (duapuluh delapan) tahun lalu, sy dan rekan-rekan KKN di Watumalang. Menjelang penutupan KKN rekan KKN di Krinjing yang naik Gunung Bisma, hingga malam belum pulang. Kami mencarinya semalaman – baru pagi harinya ditemukan di sebuah tempat sekitar puncak Gn Bisma. Kenangan yg tak terlupakan. Spt apa sekarang Watumalang dan sekitarnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.