Ini Sunrise apa Sunset ?

Berburu sunrise maupun sunset menjadi pilihan tersendiri saat melakukan perjalanan wisata. Ada sebagian orang yang mengagumi keindahan sunrise ada juga yang senang menikmati sunset. Banyak perbedaan jika kita mengamati matahari yang hendak muncul di pagi hari atau sering disebut juga sunrise dan matahari yang akan tenggelam di sore hari.

Durasi matahari terbit dan matahari terbenam juga berbeda. Kita akan merasakan detik detik munculnya matahari terbit dengan durasi yang lebih lama. Akan tetapi akan berbeda saat menikmati matahari tenggelam, waktunya sangatlah singkat hanya durasi kurang lebih 60 detik saja.

Waktu munculnya matahari terbit di bukit Sikunir Dieng juga tergantung pada bulan-bulan dalam 1 tahun. Hampir setiap bulan dari bulan Januari hingga Desember mencul dengan waktu berbeda. Biasanya saat musim kemarau sekitar bulan July, Agustus, September sunrise yang terlihat di bukir sikunir lebih siang di banding musim penghujan seperti bulan oktober hingga Juni. Biasanya muncul pukul 5.45 pagi. Sedangkan di musim penghujan waktu munculnya matahari terbit yang terlihat dari bukit ini adalah sekitar pukul 05.15 terlihat lebih awal.

Terkadang banyak orang yang bertanya kapan waktu yang tepat untuk menikmati sunrise. Sebenarnya semua bulan bagus untuk menikmati sunrise tapi memang ada kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Jika saat kemarau tiba kita akan bebas menikmati pemandangan alam tanpa terhalang hujan. Contohnya saat mengejar sunrise di bukit sikunir. Di bulan-bulan kemarau hampir setiap hari bisa mendapatkan sunrise yang sempurna dengan warna langit biru merata tanpa terhalang kabut hanya saja fenomena negeri di atas awan tidak di dapatkan. Waktu durasi saat muncul sunrise pun biasanya merata yaitu sekitar 2 sampai 3 menit.

Ini sangat berbeda saat berburu sunrise di musim penghujan seperti dari bulan Oktorber hingga bulan Mei maupun Juli. Meskipun di bulan penghujan tidak akan menyurutkan para pengunjung untuk mendapatkan fenomena matahari terbit dari Bukit Sikunir. Para wisatawanpun masih terlihat ramai berbondong-bondong pergi mendaki Bukit Sikunir demi kata sebuah pernah dan ingin benar benar melihat sikunir sunrise. Sebenarnya di bulan-bulan penghujan merupakan moment yang di tunggu tunggu bagi siapapun yang hendak merasakan sebuah Negeri di Atas Awan Dieng. Karena di saat inilah gumpalan awan yang muncul di bawah bukit sikunir terlihat kental bahkan seperti kapas ataupun lautan awan. Gradasi warna sebelum sunrise yang di sebut golden sunrise juga tidak kalah dengan sunrise di bulan kemarau. Warna-warna yang muncul lebih cerah dan beraneka warna karena ada pantulan sinar matahari yang begitu kuat di pagi hari. Ada hal negative juga yang kita dapatkan jika berburu sunrise di bulan penghujan. Jika cuaca tidak mendukung terkadang awan atau yang disebut kabut terlalu over hingga menutupi seluruh bukit sikunir sehingga sunrise pun tidak akan di dapat. Durasi sunrise di bulan penghujan pun sama seperti di musim kemarau sekitar 2-3 menit hanya saja munculnya lebih awal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.