masjid di dieng

Masjid-Masjid Megah di Dieng

Saat berkunjung ke daerah Pegunungan ada beberapa hal yang sering dibayangkan yaitu akses transportasi, keadaan sosial dan budayanya. Daerah pegunungan biasanya identik dengan kesederhanaan, keterbatasan swadaya dan sebagainya. Tentunya akan berbeda jika kita memasuki kawasan pegunungan terdingin di Provinsi  Jawa Tengah tepatnya di Dieng kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara.

Wonosobo terkenal sebagai kota santri yang banyak akan pondok-pondok pesantren, banyak terdapat Kyai atau Ulama. Tak lepas dari hal tersebut Wonosobo mempunyai banyak bangunan masjid disetiap pelosok desa, tak terkecuali di kawasan Dataran Tinggi Dieng.

Saat ingin mengunjungi Dieng, pusat kota Wonosobo akan terlebih dahulu di lewati, kecamatan kota Wonosobo, Kecamatan Garung, Kecamatan Kejajar dan sampailah di Desa Dieng. Disinilah bangunan-bangunan tempat beribadah khususnya Masjid akan kita dapati.

Masjid yang paling terkenal di Wonosobo adalah Masjid Jami’. Masjid ini terletak di dekat dengan alun-alun kota Wonosobo. Dari arah Wonosobo sampai ke arah Garung mungkin keberadaan masjid besar agak wajar karena dekat dengan kota dan akses jalanpun masih mudah. Akan tetapi ketika kita memasuki arah Garung ke Dieng khususnya dari arah Kecamatan kejajar hingga Desa Dieng kita akan menemukan sesuatu yang berbeda dan jarang di temukan di tempat-tempat pegunungan lainnya.

Tidak hanya daerah kota saja yang kental dengan Islam Daerah Gunung seperti Dieng juga sangat kental dengan muslim contohnya dari bangunan masjid yang berdiri di sekitar area Dieng. Di Dieng area banyak terdapat bangunan masjid yang besar dan megah-megah padahal daerah ini jauh dari pusat kota. Akses jalanpun untuk membangun bangunan masjid yang teramat megah bisa di bilang sangat sulit dan memakan biaya banyak.

Masjid di kawasan Dieng yang terkenal megah terdapat di Desa Sembungan, Desa Parikesit, Desa Patakbanteng, Desa Kalilembu dan Desa Dieng.

Di setiap desa-desa di area Dieng memiliki masjid dengan karakter tersendiri-sendiri. Masjid-masjid megah ini dibangun sendiri secara swasembada. Setiap kepala rumah tangga harus menyumbang untuk membangun masjid kebanggaan mereka. Karena daerah Dieng merupakan kawasan pertanian dengan hasil melimpah dan masyarakat setempat tak enggan untuk menyisihkan sebagian harta mereka untuk tempat ibadah.

Salah satu Masjid yang terletak di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara.
Salah satu Masjid yang terletak di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara.

Meskipun berada di daerah pegunungan perekonomian masyarakat Dieng terbilang lebih mapan hal ini tampak pada bangunan masjid yang megah dan indah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.