desa tertinggi di pulau jawa

Menginjakkan kaki di desa tertinggi di Pulau Jawa

Menginjakkkan kaki di desa tertinggi di pulau Jawa tentu akan menjadi pengalaman tak terlupakan bagi kita semua, hawa yang dingin, terpaan angin yang mengelus pipi akan menjadi kenangan sendiri yang tidak akan pernah dapat dilupakan. Sembungan merupakan desa yang sejak dahulu kala selalu menjadi incaran banyak wisatawan untuk mengunjunginya, gambar dan certia tentang Sembungan juga banyak dijumpai di buku-buku kuno yang ada di negeri Belanda.

Berada di tengah bukit Sikunir dan Gunung pakuwojo menjadikan desa ini memiliki hawa dingin yang menggigilkan pendatang dan wisatawan yang datang, penduduknya hampir setiap hari selalu berkerudung sarung,dan memakai jaket tebal untuk menghangatkan badan, dan ketika malam tiba dirumah-rumah penduduk sudah disiapkan perapian dengan anglo dan arang untuk semua penghuni rumah bercengkrama disekitarnya.

Untuk mencapai desa Sembungan dari Wonosobo dibutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalan dengan jarak tempuh sekitar 32 Km. Secara geografis Desa Sembungan masuk kecamatan kejajar Kabupaten Wonosobo, bersebelahan dengan Desa Tieng, desa Sikunang, Desa Parikesit dan desa Mlandi Kecamatan Garung, Desa Sembungan merupakan desa yang memiliki ketinggian sekitar 2300 Mdpl, dengan panorama alam yang menyegarkan mata setiap orang, jalan aspal menuju desa ini merupakan jalan terakhir dan tidak ada sambungannya lagi sehingga untuk kembali ke Wonosobo harus putar balik menggunakan jalan yang sama.

Keindahan dan Keunikan alam desa Sembungan memang sudah terbukti dan mampu menarik ribuan orang untuk berkunjung, Bukan hanya Bukit Sikunir yang menjadi primadona wisatawan untuk memburu terbitnya matahari emas, akan tetapi beberapa tempat lain juga menjadi tempat yang pantas untuk dikunjungi, seperti Telaga Cebong,Air Terjun Semendung, Air terjun Sikarim,Goa Pertapaan, makam Mbah Adam Sari (Keluarga Sunan Kalijogo) gunung Pakuwojo dan Telaga Wurung yang saat ini banyak ditumbuhi bunga edelweis.

Wisatawan bisa seharian berada di Sembungan kalau mau mengeksplorasi semua tempat yang ada, perjalanan dari masing-masing lokasi tidak terlalu jauh, disepanjang perjalanan akan disuguhi pemandangan tanaman sayuran kentang , carica dan senyum ramah petani Sembungan.

Desa Sembungan memang dianggap pantas dikunjungi oleh Wisatawan Domestik maupun manca negara dan semua sudutnya menawarkan sisi-sisi yang menantang untuk dikunjungi dan diabadikan dengan kamera yang kita bawa.

2 thoughts on “Menginjakkan kaki di desa tertinggi di Pulau Jawa”

  1. dikoreksi sedikit. desa sembungan ketinggian 2.007 mdpl. kalau bukit sikunir 2.300 mdpl yang terletak di desa sembungan

  2. tulisan yang menginspirasi dan saya sangat mengaguminya apa yang telah anda sampaikan, semoga anda terus memberikan ide ide yang baru buat kita semua dan salam sukses selalu buat anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.