telaga cebong

Telaga Cebong

Telaga cebong merupakan merupakan bekas kepundan raksasa purba yang kemudian menjadi penampungan air. Terletak di desa sembungan Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo. Dan dimungkinkan telaga  cebong merupakan telaga tertinggi di Jawa Tengah karena desa sembungan merupakan desa Tertinggi di Jawa.

Terletak tepat dibawah bukit Sikunir tempat yang menawarkan pesona keindahan pemandangan ke segala arah termasuk Sun Rise yang sangat diminati oleh wisatawan asing,sehingga mereka rela berjalan menuju bukit pada jam 03.00 pagi. untuk menikmati pemandangan tersebut.

Telaga Cebong sendiri merupakan sebuah telaga yang bentuknya mirip Berudu, sehingga warga sekitar memberi nama dengan Telaga Cebong, Telaga ini dulunya pernah menggemparkan masyarakat disekitar Kabupaten Wonosobo,karena dipercaya terdapat ikan yang luar biasa besarnya,dengan luas sekitar 18 Ha telaga ini menjadi sumber air bagi keperluan warga seperti pertanian, perikanan dan keperluan lain.

Disisi lain keberadaan telaga cebong beserta keunikan tersembunyi tersebut, masih jarang sekali yang mengetahui kalau ternyata di Sembungan ada 2 (dua)telaga, telaga yang satunya adalah yang berada di puncak gunung pakuwojo, tepat disekitar batu yang mirip dengan paku atau orang sekitar sering menyebutnya pakuwojo ( paku baja). Telaga yang berada dipuncak gunung Pakuwojo tersebut saar ini mengering dan banyak ditumbuhi bunga edelweis yang mengelurkan aroma khas yang sangat menyegarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.